Selasa, 03 Juni 2008

Sopan Santun

Seorang guru sedang bicara dengan muridnya dalam suasana yang serius, tiba-tiba datang tiga orang temannya yang ingin menyerahkan tugas mereka yang sudah terlambat, padahal batas penyerahan tugas tersebut sudah berlalu tiga hari. Tanpa ada salam, mereka langsung mengatakan: " Bu! Ini tugasnya, sambil berdiri," guru tersebut hanya tersenyum dengan diamnya.
Padahal guru mereka sedang membicarakan tingkah laku temannya yang ada di sebelahnya mengenai sopan santun temannya yang menemui gurunya tidak tahu tata krama.

Sebenarnya guru tersebut ingin marah, ini murid kok tidak mengenal sopan santun ya? tidak melihat apakah ia masuk sudah diizinkan, dan apakah sudah dipersilakan masuk? Mereka tidak dapat melihat, membaca, situasi, kapan ia boleh masuk, bicara. Mereka hanya memikirkan kepentingannya saja tanpa memperdulikan situasi. Seolah tugas mereka adalah kebutuhan dan keperluan sang guru, lalu dengan nada yang tidak sopan ia mendesak agar tugas mereka diterima.

Memang aneh anak-anak zaman sekarang, tidak tahu sopan santun. Mereka seenaknya saja, baik di jalan, dalam pergaulan yang sudah tidak mengenal norma agama, dalam berbicara, mereka samakan antara orang tua, guru, atau dengan kawan sebayanya, dalam berpakaian sudah tak mengenal malu.Siapakah yang salah? apakah zaman yang sudah berubah, budaya yang merusak mereka? Nilai -nilai moral yang sudah merosot oleh majunya teknologi? atau orang tua? atau sang pendidik?

Tidak ada komentar: