Kamis, 12 Juni 2008

NILAI KECANGGIHAN

Zaman kini semakin canggih, komukasi pun sudah terlalu cepat didapat dan didengar. Dengan kecanggihan teknologi membuat orang semakin tak peduli dengan lingkungan sekitar. Hubungan manusia semakin luntur, rasa hormat seorang anak kepada orang tuanya, maupun kepada orang lain sudah tak tahu batasan dan norma yang berlaku dalam budaya timur yang kita miliki, orang sudah tidak tahu lagi aturan budaya asli mereka, mereka semakin tak mengenal sopan santun tata krama dalam berkomumikasi kepada orang lain.

Contoh yang sering kita lihat adalah penggunaan telepon genggam atau telepon seluler. Dengan menggunakan telepon genggam ini, orang sudah tidak lagi mengenal batas dan waktu. Kapan saja mereka bisa berkomunikasi dengan rekan, teman, saudara. atau dengan siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Sebenarnya segala sesuatu itu ada batasan dan aturan mainnya, tinggal bagaimana orang tersebut menggunakan, tetapi sayang orang tidak dapat menempatkan penggunaannya. Orang memakai alat tersebut tidak mengenal waktu, tempat, dan kepada siapa ia berkomunikasi.
Dalam bekomunikasi dengan orang yang lebih tua, harus dengan kata yang sopan, bahasa yang baik, lihat situasi dan kondisi. Terkadang sudah malam ketika orang sudah beristiharat, ada orang mengganggu liwat alat telepon ini, kecuali memang situasinya penting dan gawat.

Dalam menulis pesan pendek liwat sms pun, terkadang orang yang tidak mengindahkan sopan santun berbahasa bahkan dalam menulis pun tidak memperhatikan singkatan yang memang orang tersebut tak mengenal singkatan dalam tulisan yang ditulisnya, apalagi dikirim kepada orang tua yang memang tidak mengerti bahasa pergaulan anak muda.

Tidak ada komentar: