Jumat, 27 Juni 2008

MAU KE MANAKAH SETELAH TAMAT SMA?




Baru saja siswa pelajar SMA kelas tiga selesai ujian negara, dan telah mendengar hasil kelulusan mereka, diantara sekian banyak pelajar SMA, ada yang lulus, dan ada tidak. Ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri bila lulus seleksi, ada yang ke swasta, dan ada pula yang tidak melanjutkan karena berbagai alasan. Bila orang tua mereka ada uang untuk biaya kuliah anak-anak mereka maka jadilah si anak kuliah, tapi bila ekonomi orang tua mereka hanya cukup untuk makan, terpaksalah mereka menganggur.




Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menawarkan jasanya untuk menarik mahasiswa dengan cara yang berbeda-beda dan informasi yang menggiurkan. Memang sekolah itu mahal, segala kebutuhan harus dibeli dengan uang, tetapi mengapa kini lembaga-lembaga pendidikan saling bersaing dalam menarik uang dengan cara yang berbeda pula.




Kalau sudah bicara uang, beruntunglah mereka yang memiliki, tetapi bagi yang tidak, mau ke manakah anak-anak mereka, sementara mereka ingin meneruskan pendidikan mereka hingga ke perguruan tinggi. Lalu bagaimana dengan yang tamat SMA ingin bekerja?




Dilema seperti ini terjadi berulang-ulang, anak yang tidak dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, setidaknya mereka hanya dapat bekerja menjadi pegawai swalayan, dan itu pun hanya kontrak. Mana ada kerja yang bisa bertahan lama, paling lama tiga, em\nam, satu tahun, setelah itu wasalam alias phk, atau selesai dan keluar.






Tidak ada komentar: